Saturday, December 11, 2010

berita duka

Pagi hari seperti biasa rutinitas kulakukan. Setelah bersih - bersih rumah aku bersiap untuk mengantar keponakan ke sekolah dan belanja di pasar. Tapi tiba - tiba hpku berbunyi, satu pesen aku terima dari salah seorang sahabat yang mengabarkan jika bapaknya meninggal. Innalillahi wainnailaihirojiun. Aku pun segera menyebar sms kepada teman yang lain dan kami sepakat untuk kumpul di alun - alun pukul 08.00 WIB. Seperti biasa kebudayaan orang Indonesia yang selalu molor dari jam janjian, kami baru kumpul semua sekitar pukul 09.00 lebih. Kami langsung meluncur ke bringin, rumah teman kami. tapi sampai di sana ternyata jenazah sudah dimakamkan.

Kematian adalah sesuatu yang wajib bagi semua yang hidup. kematian tidak pernah memandang siapa dan bagaimana yang hidup itu. Kematian hadir tanpa ada satupun makhluk yang tahu, tanpa ada yang bisa mencegah, menunda, atau mengundangnya. Kematian tiba atas perintah dari Sang Kuasa. Isroil sang pencabut nyawa juga tak pernah tahu kapan kematian seseorang akan tiba.

Semua yang kita memiliki tak bisa kita bawa, hanya tiga lembar kain putih sebagai penutup badan. Harta, tahta, dan keluarga semua ditinggal di dunia. Di kubur hanya sendiri dan hanya munkar dan nakir yang datang mengunjungi untuk menanyakan amal ibadah kita. pilihan hanya dua, mendapat nikmat kubur atau siksa kubur.

Siapa yang akan menolong kita ? ? ? Ada tiga amalan yang tidak putus meski kita telah meninggal, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang soleh. Maka, selagi kita masih diberi umur panjang manfaatkanlah semua untuk kebaikan. Jangan tinggalkan salat karena salat adalah amalan pertama yang dihisab di akherat. kerjakan ibadah yang wajib ikhlas karena Allah bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Laksanakan ibadah sunah untuk menyempurnakan ibadah wajib kita. Lakukanlah semua dengan niat Lillahi Ta'ala karena Innamal akmalubin niat. . .

Do'a kami untuk Bapaknya Susilo semoga arwahnya diterima di sisi Allah ditempatkan bersama orang - orang yang beriman, diampuni semua dosanya,dan diberi kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan. amin ya robbal alamin. . .

Selamat tinggal Bapak semoga surga tempatmu kelak. . .

4 comments:

  1. y mklum ja nek g mlor jnenge g wng indonesia.

    ReplyDelete
  2. amien....smoga diterima smua amal ibadahnya.....

    ReplyDelete
  3. kayaknya saya kurang setuju kalau kematian itu di bilang wajib..bukankah arti wajib itu sendiri jika dilakukan mendapat pahala dan jika sebaliknya akan mendapat dosa??
    istilah wajib itukan identik dengan suatu hukum...
    mungkin kalau kata "wajibnya" diganti dengan kata yang lebih pas gmana...hehehe

    ReplyDelete
  4. ok ... . tapi setiap kata memiliki makna yang beragam tergantung dari mana dilihat maknanya, apakah makna secara gramatikal maupun leksikal.. . . ok thanks masukannya, mgkin g tepat penggunaan kata wajibnya.

    ReplyDelete